BLANTERWISDOM101

Noo! Hacker Berhasil Bobol Passcode di iPhone dengan "Mudah" ??!!

24 Juni 2018
iPhone, salah satu maskot dari Apple ini baru saja mendapat berita buruk. Apple iPhone yang juga terkenal dengan keamanan dan juga pencetus fitur FaceID ini dapat di bypass dengan cukup mudah. Lantas kok bisa?


Tak lain dan tak bukan lewat passcode atau nomor pin. Dilansir dari GSMArena Passcode disini bekerja sangat simpel, kita diberikan maksimal 10 kali kesempatan untuk memasukan pin. Jika semua gagal, iPhone dengan sendirinya akan menghapus semua data yang ada demi keamanan.

Penghitung jumlah inputnya pun dicatat dalam hardware modul yang berbeda disebut Secure Enclave, yang dimana sangat sulit untuk dibobol.

Ternyata, serangan datang dari perangkat eksternal yang dipasang, yang dimana akan difungsi seperti keyboard. Hacker yang menyebut dirinya Hickey ini menyadari, selain pin kode harus ditulis satu persatu lalu menunggu validasi, kita bisa menginput semua kombinasi pin dalam satu inputan data, tanpa dispasi, lalu dikirim ke iPhone.


IOS nantinya akan memproses semua angka inputan tersebut, namun si Secure Enclave masih menghitung dan menyadari kalau inpatan tadi salah. Namun sebelum proses menghapus data, IOS masih memproses kombinasi angka yang di inputkan tadi dan menunggu sampai selesai. Dan boomm, setelah dapat kombinasi pin yang tepat iPhone terbuka dan perintah penghapusan tadi dibatalkan.

Ya, jika misal kita memasang 4 digit passcode, Hickey bisa membuka hanya tiga sampai 5 detik saja (lihat video). Namun tetap lebih lama jika pinnya 9999 atau di kombinasi akhir. Berbeda cerita jika kita pasang 6 digit passcode, tentu akan lebih lama lagi, tapi tetap bisa.

Untuk masalah ini, Apple belum punya penjelasan pasti. Namun untuk melawannya, di IOS 12 telah punya yang namanya USB Restricted Mode. Dimana akan membatasi pemakaian port Lightingnya iPhone untuk berkomunikasi dengan perangkat lain, bila iPhone tidak dibuka lebih dari satu jam. Ya, membuka dengan cara yang sama akan lebih sulit.

Kemungkinan besar Apple juga akan melakukan update penambahan fitur USB Restricted Mode ini di iPhone lawas jangka pendek nanti.



Sumber | Via
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar