BLANTERWISDOM101

Trik Kerjakan Tugas Karya Tulis Lebih Mudah dan Cepat

26 April 2018
Hello gaes... Gimana tugasnya? Baik baik saja kah? Malah nanyain tugas XD. Yap, hal yang paling membosankan selain menunggu ya membuat karya tulis apakah itu makalah, tesis, journal, atau bahkan skripsi benar tidak? :v

Bikin Karya Tulis
Ilustrasi by BlueCat

Lah kenapa tidak lawong isinya tulisan banyak dengan serangkaian kata - kata ilmiah yang kadang entah artinya. Plus DeadLine dan guru yang killer, Waduh

Daripada protes tentang tugasnya dan nanti malah lebih panjang persoalan hidup ini (wealah :v), lebih baik kita cari sesuatu untuk mempermudah dan mempercepat tugas selesai dan tentu sesuai yang diharapkan.

Ok saatnya bagi - bagi beberapa trik untuk memudahkan dan mempercepat menyelesaikan karya ilmiah yang sedang kita kerjakan. Seperti apa? Check it out!

1. Trik Daftar Pustaka dan Pengutipan dengan Mendeley

Mendeley

Daftar pustaka adalah salah satu tata cara di karya tulis yang berisi identitas karya tulis lain yang kita kutip. Dengan adanya internet, kita jadi lebih mudah dalam mencari karya tulis yang akan kita kutip.

Tapi tak jarang e-book yang kita dapat kurang informasi dari penulisnya.

Untuk itu kita gunakan aplikasi namanya Mendeley. Mendeley adalah aplikasi yang membantu mengelola referensi dari research yang kita lakukan.

Selain dapat mengidentifikasi identitas journal, aplikasi ini dapat membantu "mengetikan" pengutipan dan menambah otomatis di daftar pustaka. Wow...

2. Trik Copas Kutipan

Tak jarang dari kita jika ingin kopas dari artikel lain (untuk pengutipan lho gan :v) kita cuma copy lalu paste saja. Padahal format dokumennya belum tentu sama.

Al hasil kita melihat font menjadi berbedalah, format spasi salah lah dan lainnya. Untuk itu kita gunakan aplikasi Notepad di windows. Notepad? Ya...

Caranya kita salin dulu kalimat dari artikel lain, lalu kita tempel di notepad kemudian kita salin lagi kalimat dari notepad tadi lalu baru kita tempel di karya tulis kita. Lalu woila... lebih enak kan?

3. Trik Mengetik tanpa Typo

Dalam menulis, tak jarang kita mengalami typo atau kata yang salah tulis. Yang jadi yag, atau banyak jadi bayak dan lain - lain.

Atau mungkin kita pernah salah dalam menuliskan kata baku dan tentu berat untuk meneliti kata satu per satu di karya tulis.

Untuk itu kita install Add-in tambahan di word untuk mempermudah. Namanya Proffing Bahasa Indonesia. Nantinya cara kerja seperti spell checker, memberikan pemberitahuan kata yang salah tulis atau tidak baku.

Agan bisa download proofing bahasa Indonesia untuk MS Office 2013 atau MS Office 2016

4. Trik Penomoran Praktis

Untuk membuat nomor urut, kita tak jarang menggunakan pilihan di menu bar-nya. Nah sebenarnya ada cara lebiih mudah melakukan penomoran.

Dengan cara mengetik nomornya (contohnya 1) lalu kita ikuti dengan titik (.) kemudian spasi. Ta da... jadi penomorannya...

5. Trik Dokumen "Tidak Lari" saat di cetak

Pernah mengalami dokumen saat di tulis dan dicetak formatnya beda? Spasi hilang atau format lain berbeda?

Hal ini disebabkan oleh versi dari MS Word yang berbeda, yang biasanya versi MS Word kita lebih baru dari MS Word di toko percetakan.

Untuk kita harus... bukan, bukan di installkan MS Word baru di tokonya XD. Tapi kita ubah format file MS Word kita ke PDF.

Fromat PDF adalah format dokumen yang dimana tidak bisa lagi untuk diubah atau diedit kembali. Jadi saat di cetak nanti dokumen akan tetap seperti yang kita inginkan.

Cara mudah kita tekan Ctrl+P, iya di print. Kemudian kita ubah printernya ke Microsofft Print to PDF. Nah setelah itu ada dialog kayak proses save. Pilih lokasi filenya lalu klik save.


Nah nantinya file dengan format PDF ini yang akan kita cetak.

Akhir Kata

Karya tulis memang memiliki suatu aturan dan format yang wajib di taati. Namun tak jarang hati kecil kita bertanya untuk apa harus ada karya tulis? Bukankah lebih enak tanpa aturan dan dasarnya dari internet saja?

Yap memang, namun aturan tersebut ada bukan tanpa sebab. Karya tulis ada untuk memperkuat suatu teori, penelitian, konsep yang dibuat oleh peneliti asli. Jadi karya tulis disini berfungsi agar dapat dijadikan dasar pengetahuan dan meminimalkan terjadinya kepalsuan atau HOAX.

Jika tanpa aturan, semua orang akan dapat membuat karya tulis ini dengan mudah dan pastinya akan banyak yang dikerjakan asal - asalan yang kemudian diragukan kebenaran karya tulisnya.

Jadi kembali ke atas tadi, karya tulis memang rumit dan membosankan untuk dibuat. Namun aturan tersebut tetap ada manfaatnya

OK, sekian post kali ini tentang Trik Kerjakan Karya Tulis Lebih Gampang dan Cepat. Bila ada kesalahan, pertanyaan atau trik lain yang terlewat tinggal di komen gan. Sekian,


Semoga bermanfaat
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar