BLANTERWISDOM101

ALERT!!! Google Mulai Membatasi Android yang "Tidak Terdaftar"

28 Maret 2018
Minggu - minggu ini ada beberapa pengguna Android yang mendapat pesan "Device is not certified by Google"  yang mengakibatkan layanan dari si Mbah tidak bisa dipakai, tak terkecuali Play Store. Ada apa gerangan?


Ternyata Google memulai menegakkan kebijakan baru yakni semua perangkat Android yang pre-install aplikasi Google (Google Service, Play Store, dkk) harus lulus dalam beberapa tes sebelum masuk ke pasaran.

Tes tersebut adalah Android Compatibility Test Suite atau disingkat CTS. Tes untuk memastikan semua fungsi dari perangkat bekerja dengan baik dan memenuhi sebagai Google Mobile Service.

Kenapa ada verifikasi segala?

Seperti pernyataan Google dari Android Police berikut

Certified Android devices offer users consistent experiences when using apps from Google and the Play Store, as well as various security benefits through Google Play Protect. We acknowledge that some manufacturers are building and selling devices that have not been certified by Google. Please see the website for more details.

Intinya Android yang lulus verifikasi telah dijamin pengalaman penggunaan perangkat, kompabilitas, serta keamanan dari Google.

Cara mengecek di perangkat kita dengan membuka Play Store, ke pengaturan, scroll ke bawah lalu cek status telepon kita apakah sudah terverifikasi atau belum

Jika HP ane belum terverifikasi, gimana?

Ada beberapa penyebab menjadikan perangkat kita tidak terverifikasi, salah satunya main Custom ROM dan unlock bootloader. Atau bahkan kesalahan dari pabrikan

Nah jika agan juga mendapat pesan belum terverifikasi tersebut, ada caranya untuk mendaftarkan manual perangkat kita.

Dalam pesan peringatan, Google memberikan link untuk mendaftarkan perangkat kita disini. Nah dari situ kita bisa mendaftar dengan memasukan ID Android kita. Cara mendapatkannya dengan menginstall aplikasi Device ID.

Perlu diingat : Jika HP belum terverifikasi, Google hanya memblokir penggunaan lanyanannya seperti Play Store dan tidak termasuk untuk penggunaan keseluruhan Androidnya
Google memang dari dulu mengupayakan yang terbaik untuk OS-nya tercinta Android. Hal ini juga untuk menjaga para pengguna agar tetap nyaman dan aman pastinya.



Pelajari lagi disini
Dari Android Police | Via
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar