BLANTERWISDOM101

Windows vs Mac OS vs Linux : Pilih Mana?

02 Januari 2018
Hey gan gimana kabarnya? Tetap semangat kan gan, kan tahun baru semangat baru XD. Ok kali ini saya akan membuat artikel pembahasan tentang yang dekat di ha..eh di komputer. Sistem operasi atau sering disebut OS. Di zaman ini ada tiga OS populer, yakni Windows, Linux dan Mac OS. So dari ketiga ini mana yang lebih ideal untuk keseharian? Check it out
Windows vs Mac Apple vs Linux

Windows

Kita bahas dahulu si jendela. Operating System besutan Microsoft ini memang terpopuler di dunia, tak terkecuali indonesia. Kenapa tidak, Windows memang bersahabat (compatible) hampir ke semua perangkat.

Logo Windows

Windows juga punya fitur yang lengkap, seperti dalam Windows 10 sudah terdapat Cortana, Widows Store, Paint 3D, berjuga aplikasi dan banyak lagi. Windows juga menyuguhkan performa yang maksimal untuk semua perangkat, terlebih lagi perangkat yang terinstall driverya.

Kelebihan Windows

✓ Populer dan Banyak pemakai
✓ Compatible dengan banyak hardware
✓ Fitur lengkap untuk tugas sehari - hari
✓ Performa maksimal

Terlepas dari kelebihan, Windows juga punya kelemahan. Satu, Mahal. Salah satu OS yang termahal, harga untuk Windows 10 palin murah 1,6 juta (cuma OSnya). Dua, banyak virus. Dari virus shortcut Flashdisk sampai yang terakhir WannaCry pun pernah dialami Windows.

Selalu dipertanyakan compabilitas aplikasi lawas saat Windows versi baru muncul. Memang jika kita menginstall aplikasi awas contoh delphi 7 di windows baru. Akan ada peringata kompabilitas saat menjalankan aplikasinya

Kekurangan Windows

➤ Harga relatif mahal
➤ Banyak ancaman virus
➤ Sering terjadi masalah kompabilitas aplikasi untuk Windows versi baru

Mac OS

Kita lanjut ke Mac OS. Memang jujur belum pernah mencoba OS buatan Apple ini, but setelah melihat review sana sini bisa disimpulkan. Elegan dan ciamik. UI dari MacOS memang berbeda dengan Windows. UInya terkesan lebih minimalis namun tetap apik dalam pengoperasiannya.

Selain ciamik, juga memiliki performa yang maksimall. Yap, memang Apple hanya menciptakannya untuk hardware pilihan saja. Lebih sedikit virus. Ya selain fitur security yang ditawarkan, juga memang bukan sasaran utama para hacker. Ya mungkin juga penggunanya tidak terlalu banyak dibanding OS lain.

macOS Sierra

Kelebihan MacOS

✓ Tampilan elegan dan ciamik
✓ Menawarkan Performa paling maksimal
✓ Minim dari virus dan masalah keamanan

Eit, walaupun super namaun ada beberapa kelemahan. MacOS tidak suport PC rakitan atau hardware lain selain yang ditawarkan Apple. MacOS bisa dikatakan OS khusus untuk perangkat yang dijual Apple. Mahal untuk dimiliki. Karena hanya ada dalam mesin Apple, harganya akan menurut. MacOS biasa built-in di mesin Apple high-end dengan kisaran harga puluhan juta rupiah.

Kekurangan MacOS

➤ Harga relatif mahal (karena harus membeli seperangkatnya)
➤ Hanya support dengan hardware yang ditawarkan Apple
➤ Tidak support PC rakitan

Linux

Dari tadi bahas yang berbayar gan? yang gratis? Ya ini baru mau dibahas. Siap kita bahas Linux. Linux salah satu OS gratis yang populer. Linux biasa digunakan untuk para pengembang dan advance user bahkan hacker dibanding user awam. Linux juga OS yang ringan, jika "balapan" booting, Linux biasa menjadi juara dibanding kompetitor.

archlinux

Linux juga OpenSource, artinya agan dapat mengembangkan sendiri OS ini. Makanya banyak Distro yang berbasis Linux ini. Kemudian Lebih sedikit virus. Karena kebebasan yang diberikan, banyak yang cinta dengan Linux makanya jarang hacker yang menyerang OS ini. Selain itu ada sasaran yang lebih empuk dibanding Linux bagi hacker.

Kelebihan Linux

✓ Murah (atau bsa disebut gratis
✓ Lebih ringan dan enteng
✓ Open Source
✓ Minim dari serangan virus

Semua punya kelebihan dan kelemahan tak terkecuali linux. Kurang populer. Dibangding dengan lainya, Linux termasuk yang minim penggunanya. Kompabilitas belum sebanyak Windows. Linux memang dikembangkan sendiri jadi ada beberapa hardware yang dirasa belum maksimal kesesuaiannya dengan Linux.

Kekurangan Linux

➤ Kurang populer
➤ Kompabiltas tidak sekompatibel Windows untuk mendukung semua perangkat

OS yang ideal

Setelah kita bahas masing - masing OS tetap bisa disimpulkan, Windows tetap direkomendasi. Selain populer dan banyak pengguna, banyak fitur dan aplikasi peting di Windows yang biasa digunakan. Dirasa OS yang cocok untuk yang baru mengenal komputer, pelajar dan umum

Untuk multimedia. MacOs bisa dijagokan untuk tugas ini. Tapi untuk agan calon developer juga boleh mulai belajar linux

Ok, sekian pembahasan kali ini tentang OS populer di dunia. Bila ada yang kurang jangan ragu untuk komen dibawah. Semoga bermanfaat.


Referensi KompKnowledge
Gambar dari berbagai sumber
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar