BLANTERWISDOM101

Bahaya dan Keuntungan Sistem Login Tanpa Password (authentication code)

14 Januari 2018
0
Hai gan, eh ketemu lagi. Sudah pernah punya akun kan? Seperti Sosmed dan kawan - kawan?. Yah, dalam proses masuk kita pasti pernah menjumpai hanya ada form untuk username atau no HP tanpa ada password kan? OK,pada kesempatan kali ini kita bahas tentang sistem login yang satu ini. Check it out!.


Intro

Belakangan ini kita telah menjumpai cara login yang simpel. Yakni hanya dengan mengisikan no HP. Lalu kita diberi kode dalam SMS untuk melanjutkan proses login. Jadi lebih cepat dan tanpa perlu mengingat - ingat password. Namun, tak jarang dari kita melupakan "jabatan" kode autentikasi ini. Yang malah dimanfaatkan para penipu untuk melakukan kejahatannnya.

Kode yang dikirim ini sebobot dengan password yang dimana bersifat rahasia dan hanya kita yang dapat menggunkannya. Namun penipu jaman now ini lebih kreatif. Mereka berusaha mendapat kode ini dari korbannya untuk melancarkan aksinya.

Biasanya di tutupi dengan embel - embel dapat hadiah tunai, voucher diskon dan lainnya. Padahal, penyedia akun tidak mengadakan event. Seperti halnya kasus Gojek yang pernah saya posting dulu.

Keuntungan

Seperti yang kita bahas diatas, authentication code (mungkin namanya) sangat mempercepat dan mempermudah kita dalam menghemat waktu dan terbebas dari ribetnya hapal password apalagi lupa password. Jadi banyak perusahaan yang mengimplementasi sistem login ini.

Kekuntungan

➤ Tidak perlu menghafal password
➤ Tak ada lagi "lupa password"
➤ Masuk lebih mudah dan nyaman

Kekurangan

Karena kode yang dikirim resmi dari sistem penyedia, seolah - olah membantu penipu untuk beraksi. Sangat beresiko jika kita lengang dalam hal ini. Terlebih lagi penyedia tidak mau bertanggung jawab karena memang bukan kesalahan sistem mereka.

Kekurangan

➤ Membuka model kejahatan baru
➤ Senantiasa membawa HP untuk proses login dengan nomor

Akhir kata

Di jaman now ini kita dituntut lebih waspada dan lebih bijak dalam menggunakan teknologi. Tentu jangan percaya segala macam hal yang dirasa janggal. OK, sekian pembahasan kali ini tentang Bahaya dan Keuntungan Login Tanpa Password. Kalau ada yang kurang bisa komen gan dan jangan lupa share :D. Semoga bermanfaat
Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar