BLANTERWISDOM101

2017 in Review: 5 Inovasi Teknologi Mobile Keren nan Populer

10 Desember 2017
Sudah tidak terasa kita sudah di penghujung tahun 2017. Membahas tentang perkembangan jaman rasanya seperti tidak ada habisnya. Inovasi baru terus saja berdatangan, walaupun banyak yang terlihat "Aneh".


Saatnya kita rewind lagi inovasi - inovasi keren apa yang telah dicapai di tahun 2017. Check it out!

1. Tren Layar Super Wide (18:9 atau lebih)

Salah satu yang populer dan booming ditahun 2017. Layar panjang atau Super Wide ini diperkenalakan di awal tahun 2017 lewat Brand ternama Samsung dan LG. Layar ini bercirikhas layar yang panjang dari biasanya. Dan layar ini biasa disisipkan di smartphone bezelless atau nyaris tanpa bingkai.


Karena termasuk tren baru pasti terdapat masalah. Masalah yang sering muncul adalah layar tidak bisa penuh dalam menikmati konten standar 16:9. Akan ada pixel yang tidak terpakai.


Namun, akhir - akhir ini layar super wide booming dan banyak di produksi para smartphone maker. Dan dalam waktu dekat layar super wide (18:9 atau lebih) ini menjadi standar baru di dunia mobile.

2. Kamera Ganda


Agan pasti tahu kan? Kamera aneh ini kembali nge-trend di 2017. Kembali? Ya, kamera ganda ini diperkenalkan pertama di 2017. Fungsi kamera ganda ini telah beralih juga dari tahun ke tahun, dari keperluan 3D sampai membantu efek bokeh.

Baca juga: Era Kamera Ganda Dimulai, Yuk Kenali Fungsi dan Perkembanganya

Tahun 2017 ini, banyak brand yang telah mengadopsi kamera ganda di belakang, selfie atau bahkan keduanya (jadi kameranya ada 4) weleh-weleh.

3. Face Scanning / Face ID

Salah satu fitur andalan dari smartphone berjuta - juta harganya ini semakin populer. Face scanning / Face ID(iPhone X) kini semakin mudah dan aman.

Konsepnya, menganbil gambar wajah 3 dimensi dengan bantuan kamera ganda dan membaca lebih dari 30.000 titik infrared di wajah kemudian disimpan. Kemudian mencocokan wajah yang telah di scan dengan wajah yang telah disimpan tadi. Jika cocok, maka perangkat akan terbuka.

Pendeteksi wajah sebenarnya telah di perkenalkan tahun 2011 pada saat Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Namun kurang aman karena hanya menscan hasil foto dari kamera selfie saja.

4. Proyektor Interaktif

Pernah bayangkan layar proyektor dapat mengerti input jika kita sentuh? Ya, ini terjadi dan diperkenalkan menjadi produk yang namanya Xperia Touch. Xperia Touch berbasis Android ini akan mengerti perintah seperti kita menyentuh layar.


Perangkat Android yang menggunakan proyektor sebagai layar ini menggunakan konsep unik dalam pengoperasiannya. Xperia Touch menggunakan infrared untuk menghitung jarak jari kita kemudian memperkirakan bagian mana yang kita sentuh. Woo hoho.

5. Sensor Sidik Jari pada layar

Yap, epik kan? Qualcomm baru saja memperkenalkan sensor sidik jari yang bisa disisipkan di bawah layar, kaca ataupun metal. Sensor ini dinilai ampuh untuk menghilangkan area sidik jari, sangat cocok untuk smartphone bezeless sekarang


Konsep sensor ini menggunakan sensor ultrasonic yang dimana dapat mendeteksi dengan baik pola sidik jari, tekanan darah, detak jantung dan pola sentuhan.

Dimulai tahun 2017 juga, Qualcomm bekerja sama dengan Vivo akan mengembangkan dan menyempurnakannya untuk menghadirkan ponsel sidik jari dalam layar pertama di dunia. Rencananya proyeknya akan selesai tahun 2018 mendatang

Akhir kata

Semakin berkurangnya waktu ini memang semakin cepat pula perkembangan ilmu pengetahuan teknologi. Oleh karena itu kita patut untuk menggunakan teknologi ini dengan bijak. Jangan malah menggunakannya untuk kejahatan.

Ok gan, sekian post kali ini tentang Inovasi Keren dan Populer di tahun 2017. Ada yang ketinggalan? Jangan ragu untuk komentar gan 😁


Referensi dan konten didapat dari berbagai sumber
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar