BLANTERWISDOM101

Custom ROM Vs Stock ROM: Mana yang lebih baik?

06 September 2017
Android, salah satu OS atau operating system yang sangat populer di dunia. Banyak dari kita telah memiliki atau minimal pernah dengar. Android juga termasuk open souce dalam pengembangannya. Android bawaan saat kita beli ponsel namanya Stock ROM dan Android yang kita kembangkan sendiri namanya Custom ROM Nah, kali ini saya akan membahas tentang seluk beluk Custom ROM dan Stock ROM. Check it out!



Cerita sedikit

Boleh diskip gan. Jadi begini, sudah tiga tahun ponsel Android pertama saya Xperia M masih bekerja. Dan tak terasa sudah 2 tahunan pakai Custom ROM gan hehe.. Tahun pertama pakai Stock ROM dan belum di apa - apain, karena belum brani dan masih garansi pula. Ngikutin perkembangan iptek, Android-pun sudah ngeluncurin si Lollipop. Nah disinilah tangan mulai gatai XD.

Cari di internet akhirnya nyasar ke forum XDA, Inggris memang. Dari situ saya dapat info tentang root sampai pasang Custom ROM. Dan dari situ kemampuan bahasa inggris saya jadi meningkat.

Sebelum mulai perjalanan, saya singgah dahulu nge-Root HP (kayak touring aja gan XD). Sudah agak lama 2-3 bulan pakai HP root baru lanjut perjalanan pasang Custom ROM. Pertamanya deg-degan tapi akhirnya success... Tak lama kemudian Android Marshmallow keluar dan si HH juga dapat Custom ROM Marshmallow, langsung upgrade lagi gan..

Karena stabil dan smooth sampai satu tahun pakai Marshmallow. Nah akhirnya minggu kemaren baru Upgrade lagi ke Nougat. Tambah smooth ternyata. Tambah ganteng nih si Xperia :v

Nah 3 tahun pengalaman tadi baru dibahas disini...

Perbedaan

Sangat kelihatan perbedaan dari keduanya dari pertama kali dengar, tulisannya :v. Hahaha... Bercanda guys. Stock ROM adalah Android versi pabrikan. Software dari pertama kita beli.

Custom ROM adalah versi Android versi buatan pengguna / pengembang lain. Software ini dibuat dengan tujuan untuk memperbaiki atau meng-upgrade sendiri Ponsel yang dipunyanya. Jadi kita akan bisa memiliki performa ponsel yang maksimal atu bahkan mencicipi Android versi terbaru.

But, Software ini tidak ada hubungan antara pembuat ponsel, jadi apapun kejadian yang terjadi pabrikan tidak mau menganggap perbaikan sebagai garansi.

Keunggulan dan Kelemahan masing - masing?

Kita mulai stock dulu, Kelebihan Stock ROM tetap memiliki performa yang maksimal. fitur - fitur unik dan khusus dan bisa mendapat upgrade resmi dan tentunya garansi masih aman. Semua bisa dilihat di bawah ini

Kelebihan Stock ROM

✓ Android resmi dari pabrikan
✓ Jaminan fitur dan fungsi yang bekerja sempurna
✓ Kualitas dan pengalamaan penggunaan yang terjamin
✓ Fitur khusus dan resmi
✓ Kemampuan update resmi dari pabrik
✓ Garansi tetap berlaku

Kelemahan

▶ Biasanya keamanan kurang up-to-date
▶ Versi Android semakin lama semakin ketinggalan

Hijrah ke Custom ROM. Kelebihan Custom ROM bisa jadi fitur utamanya. Custom ROM biasanya menggunakan Android versi lebih baru dari Stock, so fitur dan keamanan Android terbaru resmi dapat kita cicip secara tidak resmi @_@.

Maksudnya, fitur Android terbaru dapat kita punya walaupun pembuat ponsel kita belum memberikan updatenya. Lainnya memberikan perbaikan masalah yang mungkin terjadi di Stock, serta memberikan fitur baru untuk ponsel sebelum pabrikan memberikannya. Selebihnya disini

Kelebihan Custom ROM

✓ Biasanya Android Lebih baru dari versi pabrikan
✓ Fitur baru yang belum ada di Stock
✓ Keamanan lebih
✓ Performa lumayan, namun ada yang lebih cepat dari Stock
✓ Bisa mengupgrade versi Android ponsel lama kita

Kekurangan

▶ Kebanyakan Custom ROM belum stabil, jadi banyak masalah kinerja / bug
▶ Banyak performa Custom ROM yang tak sehandal Stock
▶ Kerusakan kecil sampai permanen (matot) dapat terjadi bila salah langkah dalam memasangnya
▶ Segala kekurangan tidak tercover garansi

Pilih Mana?

Keduanya memang memiliki kekurangan dan kelebihan, namun keduanya tidak terlalu berlawanan. Jika agan beli HP terbaru, Androidnya pasti terbaru / tidak terlalu ketinggalan. Nah saya recomend jangan memasang Custom ROM dulu. Jika agan punya ponsel lama atau sudah lama, tidak ada salahnya untuk memasang jika HP agan ada Custom ROMnya.

But, resikonya memasang Custom ROM kerusakan yang mungin sangat fatal bisa terjadi. Tapi kalau expert atau mau expert berani lah... intinya cuma ikut instruksi dengan cermat.

Semua tergantung ponsel agan, bila baru nyamanya Stock atau tidak di utek-utek. Tapi bila dah lama sekali dan berani utek-utek ya Custom ROM juga boleh dicoba.

Akhir kata

Android meruakan OS opensource dimana siapapun dapat mengembangkanya. Bila tidak membeli baru atau mendaur ulang HP, Custom ROM bisa agan coba. Tapi bila ragu boleh juga tidak memasangnya.

Sekian pembahasan kali ini mengenai Stock ROM Vs Custom ROM. Jangan takut melakukan sesuatu yang baru ya guys, yang terpenting baik.



Semoga Bermanfaat
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar