BLANTERWISDOM101

Android O Developer Preview Datang! + Fitur Kerennya

22 Maret 2017
Siapa belum mengenal Android? Salah satu OS mobile terpopuler, kini mulai menggarap versi terbarunya. Setelah Android Nougat kini giliran Android O (nama panjang belum diketahui gan). Apa saja fitur baru Android O? Check it out!
Update: Android Oreo resmi diperkenalkan




Background limit / membatasi latar belakang

Android O kini memiliki fitur untuk membatasi aplikasi yang berjalan di RAM atau background process. Kerjanya, sistem akan memberikan batasan untuk aktifitas aplikasi di background di tiga area utama: implicit broadcasts, background services, and location updates. Alhasil akan meningkatkan umur baterai dan meningkatkan kinerja gadget serta membuat aplikasi yang dibuat semakin hemat energi

Nontification / pemberitahuan

Setelah perubahan di Nougat, kini berlajut di O. Pengguna kini dapat mengatur pemberitahuan apa yang akan ditampilkan setiap aplikasi melalui kategori. Setiap kategori yang ada di aplikasi dapat di block sesuai minat pengguna.



Autofill API

Untuk para pengembang aplikasi yang ingin menggunakan autofill di password. Kini Android membuatkan API khusus untuk fitur ini. Pengguna dapat memilih aplikasi untuk autofill yang caranya disamakan seperti pemilihan keyboard. Aplikasi yang dipilih akan menyimpan dan melindungi password dan data penting lainnya. Untuk fitur autofill / isi otomatis, baru Autofill API membantu dalam layanannya.

Picture-in-Picture

Seperti Window aplikasi, PiP memungkinkan pengguna menonton video sambil melakukan tugas lain. Pengguna dapat menggeser, men-skip dan menggeser video. PiP telah diperkenalkan sebelumnya di Android TV dan kini Google menabahkannya di smartphone dan tablet.

Adaptasi Icon

Untuk memudahkan penyesuaian logo aplikasi, Android O kini memiliki fitur Adaptative Icon. Logo aplikasi akan dibuat pas untuk setiap tema bentuk logo di Gadget anda.



Dan banyak lagi

Fitur lain: Font di XML, wide-gamut color untuk aplikasi (contoh AdobeRGB, Pro Photo RGB, DCI-P3), LDAC, Wi-Fi Aware (untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna wifi tanpa menggunakan internet).

Android O Developer Preview (Beta) tersedia bagi agan para pengguna Pixel, Pixel XL, Pixel C, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player. Android O nantinya akan diperkenalkan di Google I/O 2017 nanti dan direncanakan telah tersedia akhir tahun ini.



Sumber | Via
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar