BLANTERWISDOM101

6 (+5) Cara Optimalkan Kinerja Smartphone Android Anda, Update 2018

21 Januari 2017
Kita sehari - hari tak lepas yang namanya Smartphone atau Gadget atau Ponsel Pintar atau HP atau apalah namanya..  Ya, sering kita jumpai Gadget kita sering lemot, lelet, lola, padahal speknya dah quad-core atau bahkan lebih.

Apalagi kalau Gadget kesanyangan kita sudah senior atau sudah tua :v. Nah kali ini saya kan memberi tipsnya agar gadget agan lebih cepet atau maksimal. Check it out!

1. Gunakan Aplikasi Cleaner atau Phone Optimalization

Aplikasi ini sangat berguna untuk membersihkan sampah - sampah di Internal memori. Biasanya aplikasi ini akan menghapus cache dan tumbnail di beberapa aplikasi. Sebenarnya satu, cache dan tumbnail digunakan aplikasi agar membantu waktu start-up aplikasi itu sendiri. Tapi, cache dan tumbnail ini juga mempengaruhi kinerja aplikasi lain.

Contoh Aplikasi Cleaner

Selain membersihkan di storage, aplikasi jenis ini juga membersihkan aplikasi yang berjalan di RAM. Aplikasi yang berjalan di RAM sebenarnya dua, juga mempercepat aplikasi tersebut namun bila agan tidak menggunakan aplikasi tersebut ya RAM-nya bisa dibilang mubazir jadi lebih baik di clean.

Sebenarnya tiga, Android sudah menggunakan auto kill RAM untuk mempercepat kinerja gadget yang berjalan saat layar keadaan mati (bukan shut down) yang bekerja secara otomatis. Namun untuk lebih cepatnya lagi, kita bisa melakukannya manual.

Update: Cleaner kadang malah membuat lemot saat membuka kembali aplikasi yang telah dibersihkan, saran lakukan pembersihan dengan berkala atau saat gadget keadaan lemot

2. Uninstall atau Nonaktifkan Aplikasi yang jarang digunakan

Pasti agan sering denger. Ya, uninstall aplikasi sangat membantu mengembalikan kinerja gadget lagi. Bila agan nemu aplikasi yang jarang digunakan, lebih baik di uninstall atau dihapus. Apalagi aplikasi yang dari pabrikan, bila bisa diuninstall ,diunistall aja.

Advance: bila anda jumpai aplikasi yang tidak bisa di uninstall (nonaktifkan), gadgetnya harus diroot. Tapi, bila takut lebih baik jangan dulu.

3. Jangan Nyalakan sambungan data terus - menerus 24 x 7

Kebanyakan orang tentu ingin selalu update di social media ataupun chatting yang nantinya terus on sepanjang masa wow. Ada baik memberikan waktu istirahat untuk gadget kita tercinta ini. Saran, matikan sambungan data ini saat menjelang tidur dan hidupkan ketika bangun tidur.

Hal ini selain membantu kinerja gadget kencangnya tahan lama, juga memberikan hal positif lain: hemat baterai, hemat kuota, tak mengganggu kualitas tidur agan, terhindar dari perentasan dan lain - lain.

4. Powerful - Reboot atau mulai ulang bila perlu



Matikan lalu hidupkan kembali gadget atau istilah kerennya Reboot sangat membantu mengembalikan kinerja. Sistem Andoid akan memulai kembali dari awal sekaligus membersihkan proses - proses yang ada seelumnya.

5. Tutup Semua Aplikasi di Recently App

Agan tau kegunaan tombol yang berlogo kotak? Yah, tombol ini bisa disebut recently App yang berguna untuk penggantian aplikasi.Contoh mau copy nomor dikontak padahal di Chat WA, tinggal klik tomol rumah / home lalu buka kontak dan copy nomor kontak tadi. Nah dari sini agan bisa langsung ke WA dengan klik tombol kotak trus pilih WA nya.

Kebanyakan dari kita tidak memberhatikan untuk selalu membersihkan aplikasi di tombol kotak tersebut. Padahal jika kita keluar aplikasi dengan mengklik tombol Home, aplikasi tadi asih tersimpan di RAM. Makanya, tutup semua aplikasi dengan mengklik hapus semua atau swipe ke kiri / kanan atau keatas / kebawah (tergantung brand yang agan pakai)

6. Tata Folder dan File di Storage

Contoh file manager

Anda sering kirim - kirim yang data? Nah, berarti saatnya anda menatanya. Gunakan aplikasi file manager boleh download atau sudah ada. Pilahlah data yang dianggap kurang penting untuk dihapus. Jika anda menggunakan ShareIt atau what's app boleh di cek di derektori shareit dan what's appnya. Menghapus data yang kurang penting membatu memori menjadi leluasa kembali

7. Pindah Aplikasi ke Kartu SD

Jika masih memori masih sempit dan aplikasi berguna semua, ada baiknya pindahkan semua ke Kartu SD. Pindah aplikasi dari setting > aplikasi, pilih aplikasi lalu pindahkan. Disarankan memindah aplikasi yang besar contohnya game - game.


Bila Android agan sudah Marshmallow ke atas, bisa dicoba fitur terbarunya format kartu SD menjadi Internal lewat Setting > Penyimpanan & USB lalu tap SD cardnya > pilihan > format menjadi Internal. Tapi ingat, di format, artinya cadangkan dulu data di kartu SD sebelum di format.

Performan aplikasi yang di pindah tergantung kecepatan kartu SD jadi disarankan menggunakan kartu SD class dan kecepatan tinggi

8. New - Gunakan Aplikasi Versi Lite atau Versi Ringan

Contoh Facebook Lite

Aplikasi versi lite biasanya banyak disediakan para pengembang aplikasi. Aplikasi yang versi lite biasanya menggunakan RAM dan storage jauh lebih sedikit dibanding yang versi biasa. Namun fitur yang disediakan nanti akan berkurang dibanding versi biasa

Ingat: tidak semua aplikasi lite aplikasi yang dirancang lebih ringan, ada aplikasi lite yang dirancang untuk demo (biasanya di game dan aplikasi berbayar)

9. Percepat Durasi Animasi


Agan pernah perhatikan animasi saat membuka aplikasi? Terkadang saat kita terburu - buru dan Smartphone tidak lemot tetap saja kelihatan lama, mungkin karena durasi animasi yang terlalu lama.

Ada cara untuk memendekkan durasi animasi ini. Buka Setting > Opsi Pengebang > temukan opsi yang ada tulisannya durasi animasi. Nah, dari sini set kurang dari 1x. Jika tak ada opsi pengembang di setting tap tentang ponsel > cari yang judulnya nomor pembuatan > ketuk 4-5 kali sampai ada pesan menjadi pengembang.

10. Powerful - Gunakan Aplikasi Trimmer [ROOT]

Nah, untuk agan pecinta oprek Android. Ada aplikasi trim utuk membantu kinerja gadget agan, yang pasti membutuhkan akses root. Cara ini sangat ampuh membasmi kelemotan di Smatphone kita.


Dilansir dari Jagad Riview, Trim digunakan untuk membersihkan sisa - sisa data sampah, jadi trim menjadikan semua sektor data yang dihapus dan diformat menjadi lebih bersih. Kok SSD? yap, memori Internal smartphone sekarang telah menggunakan teknologi yang digunakan SSD. Namun dengan kapasitas memori dan kecepatan yang lebih kecil.

11. Powerful - Update Firmware Smartphone Ke Versi Paling Baru



Pembaruan memang penting guys. Selain mendapat fitur baru dan security lebih ok juga akan menambah enteng kinerja smartphone agan. Pembaruan software biasanya dapat dilakukan dengan OTA atau dengan komputer dan bila tersedia

Akhir kata

Semakin lama, smartphone - smartphone baru akan lebih cepat dibanding yang lama. Jika masih punya yang lama, kita masih bisa memaksimalkan kinerjanya walaupun sudah kelas Senior :v. Namun tetap, cara lebih ampuh adalah membeli smartphone baru dengan spek yang lebih hebat...


Semoga bermanfaat :)
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar