BLANTERWISDOM101

Cara Memanagement Quota User Server

17 November 2015
Keterbatasan kapasitas media penyimpanan dapat disiasati dengan memberlakukan group dan user quota di server storage. Walaupun kebijakan seperti ini mungkin akan menambah pekerjaan seorang sysadmin namun akan sangat bermanfaat bila diterapkan dengan benar.




Kuota memungkinkan kita untuk membatasi ruang harddisk di server NAS/SAN yang dapat digunakan oleh group maupun user. Tanpa kuota, para pengguna mungkin akan menyimpan segala berkas yang bahkan mungkin tak ada kaitannya dengan pekerjaan tanpa batasan (unlimited).

Distro OpenFiler menyediakan cara konfigurasi yang sangat mudah untuk pengaturan kuota berdasarkan group, user, dan guest. Berikut ini adalah panduan setting disk quota di OpenFiler.

Per Group Quota

Login terlebih dahulu ke web administrasi OpenFiler, klik menu Group Quota di tab Quota.
Menu group quota
Pilih volume yang akan dibatasi kuotanya, lalu klik tombol Change.
Select volume
Apabila ada beberapa grup yang sudah dibuat di sistem, kita dapat mengatur kuota untuk semua grup secara bersama dengan mengisi  jumlah kuota di form bagian atas lalu memilih grup yang akan mendapatkan kuota itu. Klik tombol Apply untuk menerapkan perubahan ini.
Edit group quota simultanously
Kita juga dapat memberikan kuota berbeda untuk setiap grup dengan mengisi langsung di form bagian bawah, lalu klik tombol Apply di sebelah kanan.
Edit group quota individually

Per User Quota

Klik menu User Quota di panel kanan untuk melakukan pengaturan user quota. Sama halnya seperti pengaturan group quota, kita dapat memberikan kuota yang sama besarnya secara bersamaan untuk beberapa user atau kuota yang berbeda untuk masing-masing user. Jangan lupa untuk selalu klik Apply setelah mengisi jumlah kuota.
Edit user quota

Guest Quota

Pengaturan kuota ini berlaku untuk semua pengguna selain user/group terdaftar yang mempunyai akses mengunggah berkas ke server OpenFiler. Dengan kata lain, pengaturan ini adalah kuota untuk umum (public). Pengaturannya dapat dilakukan dengan klik menu Guest Quota di panel kanan, tentukan besarnya kuota, lalu klik tombol Apply.
Edit guest quota
Pengaturan kuota ini mensyaratkan kita sudah membuat group dan user. Salah satu metode autentikasi user di OpenFiler adalah menggunakan LDAP. Bila menggunakan LDAP internal, kita dapat membuat group dan user langsung dari web administrasi OpenFiler.


Sumber
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar