BLANTERWISDOM101

Google Memperkenalkan Android M pada Google I/O 2015

29 Mei 2015

Google secara resmi memperkenalkan Versi terbaru Android memiliki nama samaran Android M. Projek ini belum selesai di sempurnakan tetapi jika anda ingin segera mencobanya Google menyediakan versi preview untuk pengguna LG Nexus 5, Motorola Nexus 6, HTC Nexus 9 dan Asus Nexus Player disini.

Android M membawa banyak perubahan serta fitur baru yaitu Android Pay, Fingerprint sensor support, dan lain sebagainya. Fitur lain di antaranya:

Direct Share
Membagi konten kini lebih mudah dengan Direct Share. Android kini lebih memahami aplikasi - aplikasi apa saja yang dapat membagi file atau konten kepada taman - teman anda dan mendeteksi siapa saja teman yang sering dihubungi.

Memaksimalkan kinerja pemilihan teks serta toolbar melayang

Pemilihan teks serta aksi yang dibutuhkan ketika telah dipilih. Android M juga memberikan opsi tambahan dalam pemilihan teks.

App standby dan power management

Android M kini memiliki fitur pintar dalam menghemat energi. Ketika device dalam keadaan lama tidur, OS akan otomatis menghemat energi. Cara kerja App standby, Android akan men-scan app yang lama tidak digunakandan menempatkan app tersebut dalam keadaan standby serta mematikan semua fungsi yang terhubung ke internet. Jika device keadaan charging, app tersebut akan bekerja normal.

Menambah pengaturan volume suara


Pengguna kini lebih leluasa mengatur volume suara yang diinginkan. Android telah menambah pengaturan volume suara menjadi tiga: volume notification, Volume aplikasi dan volume alarm. Android M juga meng-improve Silent mode atau mode senyap

Do not disturb pada quick setting



Do not disturb merupakan salah satu fitur Android dimana mengatur volume suara menjadi senyap. Tidak seperti mode senyap yang hanya alarm yang dapat bunyi, fitur ini terdapat lebih banyak pilihan pengaturan contohnya timer.

Mengadopsi storage device

Pengguna kini dapat menambah sebuah SD card, dimana sistem akan meprioritaskan SD card memori sama seperti internal storage.Anda kini bisa mnginstall aplikasi, menyimpan data dan lainnya di kartu SD anda

Mengoptimalkan Bluetooth hemat daya

Android kini mengoptimalkan fitur bluetooth dengan daya rendah dan memberikan dukungan kepada Stylus Bluetooth device.

Layar 4K support

Android kini support layar up to 4K.

Auto Back-up data aplikasi  

Google kini menyediakan pelayanan backup dan restore data aplikasi. Data tersimpan pada akun Google anda dan akan otomatis di restore sekalipun pada device yang berbeda.

Mengoptimalkan kinerja Android for Work

Android M memberikan kontrol penuh Corporate-Owned, Single-Use devices, silent install and uninstall aplikasi oleh pemilik, silent enterprise certificate access, auto-acceptance of system updates, delegated certificate installation, enterprise factory reset protection, data usage tracking, runtime permission management, VPN in Settings, dan work status notification.

Mengoptimalkan fungsi USB On The Go



Pengguna kini akan mendapat notification apabila menggunakan fitur OTG. Notification ini juga terdapat opsi Explore dan eject. Kini pengguna dirasa lebih nyaman dengan perubahan baru tersebut.

Calculator Update


Google juga telah memperbarui kalkulator mereka dengan desain baru.

Hotspot 2.0 Release 1 dan 5GHz acces point band support


Android M terdapat pengaturan baru pada Hotspot yaitu pengguna kini dapat mengatur band sinyal dari hotspot Android mereka. Selain itu Android M support pada Hotspot 2.0 pada device tertentu seperti Nexus 6 dan Nexus 9 untuk connect secara otomatis bila telah memasuki kawasan jaringan hotspot 2.0.

Mengubah User Interface


 Google sedikit mengubah U/I pada Android M. Sangat terlihat dari penggambaran seluruh aplikasi kini tidak lagi menyamping melainkan kebawah, juga terdapat aplikasi yang sering pengguna gunakan dan ikon pencarian. Terdapat perubahan juga pada kolom widget.

 Lockscreen pun kini sedikit berubah, pada bagian kiri bawah terlihat voice search menggantikan panggilan dan penyisipan Google Now card.

Pada pilihan developer terlihat google menambahkan pilihan tema warna untuk tampilan baru. Terlihat ada 3 pilihan yaitu Light, Dark dan Automatic.

Android M kini telah diperkenalkan secara resmi oleh Google akan tetapi pengguna masih harus sabar karna OS ini masih dalam tahap pengerjaan dan penyampurnaan. Google masih memakai huruf M karna OS ini masih belum final. Banyak rumor telah menyabutkan dan memperkirakan apa nama baru untuk OS ini yang berawalan M. Tentunya nama yang dipakai nanti berupa nama makanan seperti Android sebelumnya.

Kita masih menunggu kabar terbaru dari OS Android terbaru ini dan kapan kira-kira telah masuk pada pasaran.

Via


Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar