BLANTERWISDOM101

Wedann! Gadget-Gadget Canggih nan Gilak yang Ada di CES 2024

16 Januari 2024
0
CES 2024

Oy guys, seperti biasa pada awal tahun tak cuma resolusi tahun lalu dilanjut tahun ini ehh resolusi baru yang hadir menemani tapi juga pameran teknologi terbesar terselenggara di Las Vegas.

Pada tahun ini, alhamdullillah, setelah covid benar-benar berlalu CES 2024 terselenggara tanpa terlihat pemakaian apd di kawasan pameran.

Seperti balas dendam, sepertinya pada tahun ini juga banyak teknologi baru, dan disempurnakan hadir dari berbagai brand di Dunia.

Mulai dari TV, Laptop, EV, Ponsel, chipset hadir disini. Tapi menurut para sesepuh teknologi dan media, kebanyakan lebih menonjol pada penyisipan AI alias Artificial Intelligence di produk-produk mereka.

Nih coba kita rangkumkan apa aja sih produk teknologi pembuka awal tahun 2024 ini? Yuk selami lagi kuy..

Bagi yang belum tahu, di setiap awal tahun, ada pameran  teknologi yang biasa diselenggarakan di Las Vegas namanya CES. Consumer Technology Association, adalah ajang pameran yang diikuti brand tekno di seluruh dunia.

Event ini khusus pada pengenalan teknologi baru yang sudah diracik brand atau pabrikan belakangan ini yang biasanya berbentuk prototype akan nantinya akan masuk ke pasaran.

Transparent TV & MicroLED

LG Signature OLED T

Ada penyempurnaan dari jenis TV unik yang satu ini. Yess, Transparent TV atau TV Transparan kini kian sempurna dengab gambar yang dihasilkan sangat terang dengan warna yang tajam namun tetap transparan.

Lewat LG dan Samsung, keduanya memamer TV transparan mereka tapi dengan teknologi yang berbeda tapi sudah sama-sama kerenn.

Yang LG Signature OLED T punya layar OLED Transparan 77 inch yang di display bagaikan kaca aquarium. Dibandingkan dengan Layar transparan tahun lalu, LG membawa improvement yang membuat sudah mendekati siap dipakai sebagai produk jadi daripada protoype.

Sedangkan Samsung punya Transparan MicroLED yang dipamerkan sebagai kaca ventilasi di dinding. Karena sifat modular MicroLED, kita dapat membentangkan ukuran layar sesuai yang kita hendaki (tak lepas dari budget tenntunya wkwk)

Hingga artikel ini ditulis, belum ada detail mengenai spesifikasi, harga dan kapan nanti siap rilis dipasar untuk dipinang konsumen.

Laptop Dual Screen Asus, Laptop Hybrid Lenovo

Asus Zenbook DUO 2024

Lewat CES 2024, Asus memberkenalkan Zenbook DUO terbaru mereka namun kini dengan layar kedua berada dibawah keyboard yang berukuran sangat besar.

Laptop ini bisa memberikan pengalaman dual screen atas dan bawah tanpa perlu menenteng alat tambahan. Cukup lepas keyboard, buka standnya dan boom jadi.

Menariknya disini keyboard dan touchpad didesain sangat tipis dan dapat digunakan wireless dengan pengaman magnet agar kuat bila dipasang kembali.

Kemudian Lenovo punya laptop Hybrid Windows dan Android jadu satu. Tapi bukan dual boot atau semacamnya melainkan dual OS di dua perangkat berbeda.

Di keyboard adalah mesin windowsnya dan layar atau kalau dilepas jadi tablet ini adalah Androidnya.

Karena OS berbeda berati storage atau fisik penyimpanan data juga berbeda, Lenovo punya fitur khusus yang dibuat agar file bisa sync otomatis tergantung kita mau pakai laptop atau tablet saat bekerja.

Sony Punya EV di Kontrol Sama Dual Sense, Hyundai Ionic 5 showcase

Sony Honda Afeela

Sony pada 4 tahun lalu memberikan kejutan project mobil EV pintar yang fokus pada multimedia dan entertaiment. Dengan kuatnya pasar game dan kuatnya pasar konsul lewat PS5 Series, Sony Honda memperkenalkan Mobile EV Afeela mereka dengan diremote dengan stik DualSenese.

Perubahan yang signifikan terdapat pada kokpit pengemudi dengan bentangan layar yang luas dan UI yang dinamis. Detail lain adanya layar didepan untuk pernak-pernik customization. 

Untuk entertaiment maksimal, Sony menggandeng Epic Games untuk pengembangan fitur instrument AI serta Microsoft Opon AI untuk assist layanan entertaiment. Afeela tak lupa dilengkapi banyak sensor safety dari ADAS Honda

Hyundai Ionic 5

Di Booth lain, Hyundai memamerkan Ioniq 5 versi spesial dengan fitur berjalan kesamping dan memutar. Fitur ini sangat bermanfaat dalam parkir dan di selip-selip di gang sempit.

Bukan teknologi baru, namun sepertinya Hyundai sudah menyempurnakan Ioniq 5 in untuk siap dipasarkan.

Smartphone keren dengan E-ink, Foldable Yoga?

Bukan sulap, bukan sihir, HP ini sudah bisa berubah warna dan coraknya. Yess Infinix memamerkan fitur HP yang dapat berubah warna dan corak.

Namun bukan karena paint job atau finishing warna melainkan E-Ink.

Infinix memanfaatkan teknologi E-Ink dimana bisa mengganti warna sesuai yang diinginkan. 

Karena E-Ink yang tetap, setelah diganti warna, E-ink akan tetap dalam posisi tersebut walau tidak dialiri listrik

Infinix E-Color Shift Technology

Selain E-Ink ini, Infinix memamerkan wireless charging jarah agak jauh sekitar 20cm dari charger pad nya. Hmm jadi keinget konsep Xiaomi charger wireless yang dulu.

Samsung kembali memperkenalkan konsep foldabel tiada dua. HP in dapat dilipat dan ditekuk kebalik seperti laptop yoga pada umumnya, tapi di HP.

Layar ini dapat dibuka sampai tertekut lagi 360 derajat tanpa takut layar rusak.

Selain itu, Samsung juga memamerkan banyak prototype foldable lainnya seperti layar yang tekuk dan tarik, display monitor tapi foldabel, pengetesan ketangguhan device dan banyak lagi

Paling Terlihat ya AI

AI Samsung

Tahun ini AI atau Artificial Intelligence yang paling banyak mendominasi. Dari produk chipset dengan fitur dukungan akselerasi AI, Sepeda elektronik, Kasur, Gadget AI (menggunakan perintah suara saat digunakan), Mouse, Robot dan sebagainya.

Kemampuan AI disini dibuat untuk beragam fungsi, seperti pendukung keputusan, daptasi lebih baik dan komunikasi langsung kepada penggunanya.

Kebanyakan sistem AI menggunakan API dari Open AI untuk hasilnya namun tak jarang ada AI yang tidak disebut namanya (kemungkinana AI buatan sendiri).

Tahun ini sepertinya mulai pada nge-hype tentang AI dan berlomba-lomba nyisipkan AI ke produk tercanggih mereka.

Semua produk ada yang baru prototype dan ada yang mulai produksi dan siap terjun kepasaran tahun ini nantinya.

Akhir Kata

Okay itu tadi rangkuman dari teknologi canggih lewat CES 2024, semua informasi didapat dari berbagai sumber. Dari semua produk, mana nih tech yang menjadi fovorit agan?

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar