BLANTERWISDOM101

Perbedaan Laptop Axioo Hype 5 dan Advan Workpro Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

22 Januari 2024
0

Advan Workpro vs Axioo Hype 5

Oy guys, tahun kemarin di dunia perlaptopan sepertinya didominasi oleh pendatang baru yang langsung naik daun dari brand lokal. Soalnya dari postingan forum jika ada yang tanya rekomendasi laptop budget yang ramah kantong mesti ditemukan brand ini gan.

Yess inilah Axioo dan Advan yang menghadirkan laptop paling kencang dikelasnya dengan harga yang terjangkau.

Axioo mulai terkenal setelah peluncuran lineup laptop gaming mereka Pongo, lalu mulai merambah pasar midrange melalui produk Hype Seriesnya.

Kemudian Advan mulai terkenal setelah peluncuran workplus mereka, lalu merilis pasar laptop midrange dengan melalui produk workpro.

Yess, sekilas dari harga Axioo Hype 5 dengan Advan Workpro memang miri-mirip yakni Hype 5 dikisaran 5,5 juta dan Workpro 512GB di 5,4 juta.

Bila dibanding brand lain, Laptop budget segini biasanya mendapatkan prosesor Intel Core i3 atau malah masih ada yang Pentium / Celeron, weeww.

Karena keduanya laptop ini masih paling kencang dikelasnya, yuk kita bandingkan laptop mana yang benar benar worth it buat agan.

Spesifikasi

Dari spesifikasi sangat mirip antara Axioo Hype 5 dan Advan Workpro, namun tetep punya perbedaan di detailnya.

Spek umumnya Axioo Hype 5 dan Advan Workpro sama-sama punya layar 14 inch Full HD dengan tipe panel IPS. Webcam HD dengan privacy shutter atau penutup kamera.

Dibaguan dapur pacu sama-sama punya processor Core i5 gen 10 yang G, didukung RAM 8GB DDR4 yang bisa tambah dan storage atau penyimpanan 512GB. Oh, khusus Advan Workpro punya pilihan lain yaitu storage 256GB.

Spesifikasi detailnya bisa cek dibawah ini

Axioo Hype 5 Advan Workpro
Dimensi 323 x 219 x 19.8 mm 311.6 x 217.8 x 16.8mm
Berat 1,46 Kg 1,2 Kg
Layar 14" IPS 16:9 FHD 1920x1080 14'' 16:10 FHD 1920x1200 IPS
Processor Intel® Ice Lake-U i5-1035G4 Intel® Ice Lake-U i5-1035G7
GPU Intel® Iris Plus Intel® Iris Plus
RAM 8GB DDR4 ( SODIMM DDR4 Up to 32GB Single channel 8GB DDR4 SODIMM upgradable Dual channel
Storage 512 GB M.2 NVMe PCIe Gen. 3 x4 + 1x M.2 SATA 256GB atau 512GB M.2 2280 Sata/PCIe4.0 replace upgradable
I/O 1x USB 3.0 Type C port (Data Only) 1x USB Type C 3.2 Gen1 (PD/DP/Charger/Data)
3x USB 3.0 Type A port 1x USB Type C PD only
1x 3.5mm 2-in-1 Audio Combo Jack 2x USB 3.2 Gen1 & 1x USB 2.0
1x HDMI 1.4 output port 1x Standard HDMI 1.4
1x DC-in jack port 1x Jack Earphone 3.5mm
1x Micro SD up to 128GB Port
Webcam 2MP dengan privacy shutter Ada, dengan privacy shutter
Baterai Embedded 3 cells Lithium-Ion battery pack, 11.50V,45.60Wh, 4000mAh Polymer 6600 mAh, 50.16Wh
Warna Hitam, Biru Grey, Gold
Harga Mulai 5.2 juta (DOS) atau 5,4 juta (Windows 11 Pro) Mulai 5 juta 256GB (Windows 11) atau 5,4 juta 512GB (Windows 11)
Garansi 1 Tahun 1 Tahun

Desain & Layar

Dari desain keduanya punnya karakter desain yang berbeda. Axioo menggunakan desain laptop clamshell atau kalsik dengan layar yang menyangga keyboard. Menjaga agar udara segar dapat tersirkulasi dengan baik.

Axioo meracik Hype series untuk kalangan anak muda, atau cocok untuk yang baru pertama punya laptop nih.

Desain atas laptop simple yang hanya diberikan logo Axioo di kiri atas. Memiliki warna hitam yang kesannya stylis nan praktis

Axioo Hype Series by JagatReview
Axioo Hype Series by JagatReview

Hype 5 punya susunan keyboard 65% alias masih memberikan tombol home, page down, page up dan end. Cocok nih yang selalu pakai key ini, apalagi writer atau programmer. 

Namun tombol power berada di pojok kanan atas, setidaknya butuh penyesuaian untuk yang belum terbiasa dengan penempatan tombol power di keyboard.

Lanjut ke Advan Workpro yang mana punya desain yang simpel tapi profesional, sesuai namanya, cocok buat veteran pengguna laptop yang ingin upgrade, desain nggak neko-neko. 

Disini Advan meracik laptop dengan desain calmshell atau klasik, dengan desain atas laptop bersih dengan workpro di tengah kanan.

Advan Workpro by Pro Media Teknologi
Advan Workpro by Pro Media Teknologi

Advan workpro punya susunan keyboard 60% alias keyboard compact. Nah tombol power Advan Worpro berada di samping kanan, bukan di keyboard, nice.

Ke layar, Axioo Hype 5 dan Advan Worpro punya layar 14 inch Full HD dengan panel IPS, namun berbeda aspek rasio. Axioo 16:9 standar dan Advan 16:10 yang artinya Layar Workpro lebih mengotak dikit.

Tingkat akurasi warna Axioo Hype 5 mendapatkan skor sRGB 66% sumber dari channel DKID (61% Hype 3 sumber JagatReview), dan Advan Workpro mendapatkan skor sRGB 57% sumber dari channel JagatReview.

Performa & Graphic

Kedua Laptop ini punya prosesor Intel Core i5 gen 10 seri G namun nomor yang berbeda. Axioo Hype 5 memakai i5-1035G4 dan Advan Workpro seri i5-1035G7.

Menariknya keduanya sudah dilengkapi Intel Iris Plus yang dimana lebih powerful daripada Intel HD graphic biasa.

Performanya? Keduanya sudah sangat mumpuni melibas kegiatan sehari-hari. Banyak reviewer bilang untuk performa Intel Core i5 ini belum maksmal atau tidak palingkencang diantara lainnya, tapi kalau dikelas harga, kedua laptop ini lebih kencang.

Perbedaan keduanya, karena Advan punya seri yang lebih besar, Advan Workpro masih lebih kenceng daripada Axioo Hype 5 walau tidak terlalu jauh.

Kemampuan Upgrade

Pastinya yang perlu diperhatikan untuk laptop ya kemampuan upgrade buat jangka panjang.

Axioo menawarkan slot tambahan untuk meningkatkan kapasitas storagenya. Hype 5 punya satu slot M.2 SATA sudah disediakan disini. 

Agan juga bisa menambahkan RAM namun sayangnya hanya single channel disini yang otomatis harus diganti RAM-nya.

Disisi Advan Workpro, juga diberikan slot storage tambahan berupa 1 slot SSD M.2 SATA. Tapi kalau upgrade RAM, Workpro punya slot RAM tambahan alias dual channel.

Garansi & Purna Jual

Okay sekarang garansi. Axioo seperti kita tahu sudah bergelut didunia perlaptopan sudah lama. Axioo punya banyak service center dipenjuru Indonesia.

Dengan populernya line-up laptop mereka khususnya Pongo yang punya versi tertinggi diharga 30 jutaan, Axioo sepertinya cukup berani untuk memberikan pengalaman terbaik mereka untuk konsumennya.

Kemudian Advan walaupun baru memulai dibisnis laptop, mereka sudah punya perjalanan ya bisa dibilang panjang juga di bidang elektronik. Dan karena brand lama, Advan punya banyak service center dipenjuru Indonesia.

Dengan populernya lineup laptop mereka apalagi Workpro, tentu Advan juga siap memberikan pelayanan terbaik mereka walau di purna jualnya.

Akhir Kata & Link Pembelian

Tahun lalu merupakan gebrakan dari brand-brand lokal dalam peracikan resep laptop di Indonesia. Mereka punya performa terkencang dikelasnya, mengalahkan produk dengan arga serupa dari brand-brand ternama.

Hmm dengan melonjaknya pasar digital, bukan tidak mungkin tahun ini mereka menyiapkan kejutan lagi.

Axioo Hype dan Advan Workplus bisa agan dapatkan di toko offline ataupun online dengan link disini.

Okay sekian komparasi kali ini tentang laptop lokal yang merusak pasaran laptop di Indonesia. Pilih mana sekarang?, komen dibawah ya. Mohon maaf bila ada kesalahan informasi atau salah kata. Share bila artikel ini bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca.

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar