BLANTERWISDOM101

Apa itu eMMC dan UFS? Serta Kelebihannya dan Kekurangannya Masing - Masing

04 Januari 2024
0
Ilustratsi UFS Samsung

Oy guys, beberapa waktu lalu di ada yang menarik di beberapa komunitas teknologi yakni membahas HP  baru.  Brand kuning sedengan memperkenalkan HP terbaru mereka di kisaran 2 jutaan namun beberapa reaksi netizen yang berbeda kali ini yakni eMMC.

eMMC disini adalah salah satu teknologi penyimpanan data yang biasa digunakan di alat-alat elektronik seperti HP.

Sebenarnya eMMC ini termasuk teknologi penyimpanan data yang lawas dimana ada penggantinya yang lebih baik yakni UFS.

Apa sih eMMC dan UFS ini? Apa juga pengaruhnya di HP sebenarnya?

eMMC & UFS

Secara singkat, keduanya merupakan teknologi yang dikembangkan sebagai tipe penyimpanan data dimana berukuran kecil dengan kemampuan pembacaan dan penulisan data.

eMMC atau embeded Multi Media Card adalah sebuah standar memori MMC yang ditanam ke board elektronik. MMC? Yess, MMC sendiri adalah kartu memori yang sudah ada dari 1997, yang dikembangkan sebagai solusi penyimpanan portable dan berukuran kecil.

UFS atau Unifersal Flash Storage adalah sebuah standar memori penyimpanan yang punya kecepatan pembacaan dan penulisan yang tinggi. UFS ini termasuk standar yang lebih baru, diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011.

Kelebihan UFS dibandingkan eMMC

Dengan teknologi yang lebih baru, UFS sudah pasti punya banyak kelebihan dibandingkan dengan eMMC. Kelebihan yang menonjol adalah kecepatan membaca dan menulis yang jauh.

Dan memang, jauh lebih cepat

UFS 1.0 saja punya kecepatan per line nya maksimal 300MBps. Bagaimana dengan eMMC? eMMC paling baru saja tidak bisa melampaui versi UFS 1.0. eMMC 5.1 kecepatan pembacaannya saja hanya sampai 250MBps dan kecepatan menulis diangak 150MBps

Berikut table dari wikipedia untuk semua versi eMMC dan UFS

Kecepatan eMMC

Kecepatan UFS

Kelebihan eMMC dibandingkan UFS

Walau kalah telak di kecepatan, eMMC punya kelebihan dibandingkan dengan UFS.

Kelebihan ini bisa membantu agan mendapatkan memori besar tanpa merogoh kocek lebih dalam. Yess, eMMC jauh lebih murah dibandingkan UFS.

Contoh UFS card dari Samsung dengan kecepatan R/W 500MBps/200MBps 64GB seharga 300rb an. Dua kali lipat dibandingkan microSD Sandisk Extreme Pro 64GB (dimana juga termasuk MMC) dengan kecepatan R/W 200MBps/90MBpx seharga 150rb an.

Kembali lagi ke topik, apakah kecapatan memori ini akan ngaruh di HP, jawabannya tentu ngaruh.

Semakin cepat pembacaan dan penulisan data, tentu loading semakin singkat. Buka app akan terasa instan, video non glitch dan mabar lebih optimal.

Bisa diibarat HDD dan SSD, PC dengan OS yang diinstall di SSD akan lebih sat set dibanding di HDD. Walau dengan proci yang sama.

Kecepatan penyimpanan inilah juga mempengaruhi kinekja chipset apa bisa dikatakan sudah mentok atau tertahan karena menunggu data yang baru datang untuk kemudian diproses.

Okay sekian pembahasan kali ini tentang eMMC dan UFS di dunia kenangan yang indah eh permemorian. Kekurangan dan salah kata mohon maaf. Matur nuwun


Referensi 1 | 2

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar