BLANTERWISDOM101

Discuss: Kenapa Desain Smartphone Sekarang Hanya Itu-itu Aja?

22 Desember 2023
0
Desain Smartphone dari masa ke masa | Fishertekno

Oy guys, smartphone atau HP sudah banyak berkembang pesat sekarang. Dari telp dan SMS sampai gaming streaming bahakan editing sekarang. Dari kemampuannya pun Smartphone murah saat ini pun sudah lebih dari cukup untuk mengemban tugas basic bertelekomunikasi.

Namun dilihat dari sisi desain dan fitur unik, Smartphone sekarang dirasa tidak seunik hp-hp jaman dulu. Yang dimana banyak variasi bentuk, warna, fitur unik dkk.

Contoh jaman Sony Ericsson Cybershot series, Walkman Series atau contoh Nokia N Series, N-Gage atau sedikit modern Blackberry dkk. Kita bissa langsung tau keunikan HP ini merek apa atau bahkan tau ini model apa.

Dibandingkan beberapa smartphone jaman sekarang saja, Seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dkk, sepertinya keunikannnya memang berkurang dan cenderung stuck atau copycat ke brand lain.

Namun bukan berarti tanpa sebab, yuk bahas bareng guys.

Keunikan yang Sirna

Jejeran Smartphone Dulu

Bila agan mengikuti perkembangan ponsel dari tahun 2000-an keatas, sudah pasti sudah kerasa banget HP sekarang sudah sedikit pudar keunikannya. Yaa setidaknya tidak seramai dulu.

Kita ambil contoh di Smartphone 2013 an. Disini tahun gayengnya duel flagship smartphone dengan banyak lawan. Mulai dari Samsung S4, Sony Xperia Z, iPhone 5, LG G4, HTC One dan banyak lagi.

Di tahun tersebut kerasa sekali kenyamanan penggunaan seperti genggaman pas atau tipisnya HP, desain, fitur plus-plus, ekosistem softwarenya bahkan UI yang unik menjadi kunci dalam meminang HP.

Disini walau sudah di kasta yang sama, ponsel pintar, tapi kita temukan beragam keunikan disetiap brand bahkan modelnya.

Contoh dari Samsung S4 dengan Samsung Note 3, dengan menyisipkan stylus S-Pen di Note dan S series Flagship utama Samsung.  Kedua HP yang dijual dengan harga hampir mirip punya ciri khas yang berbeda dan unik.

Ada lagi fitur turunan disemua seri ponsel yakni light notification atau cahaya pemberitahuan. Kita ambil contoh Sony Xperia punya bentuk dan ciri khas yang beragam. Dari bar bawah yang transparan sampai lampu led yang unik.

Sekarang sudah jarang sekali kita melihat lagi lampu led notifikasi di HP-HP sekarang. Padahal bisa salah satu fitur berguna sebenarnya.

NOtifikasi Cahaya Xperia SP
Notifikasi Cahaya Xperia SP | Sumber Android Authority

Dimulainya Desain Ponsel yang Serupa

Dulu pernah ingat, pabrikan ponsel pintar sebelum rilis memprioritaskan racikan desain ponselnya karena salah satu faktor juga larisnya ponsel tersebut. Ada yang punya banyak prototype desain baru, ada dengan desain unik dan ada yang tetap menggunakan desain signature brand mereka.

Kayaknya semua berubah saat konsumen mengeluhkan rasio layar dan body. Konsumen kompak pingin desain layar yang bezel less atau layar yang menutupi hampir semua body depan.

Nah disini mulai desain yang cederung sama dimulai, dari layar yang dipanjangin, layar yang dipotong kamera sampai layar yang dilubangi buat kamera.

Komparasi antar hp
Sumber dari mysmartprice

Ponsel sekarang dari depan bila dijejer, layar mati? Pastinya susah membedakan ponselnya apa lawong layar semua wkwk.

Layar dengan kamera waterdrop / tetesan air. layar poni, layar berlubang, layar saja, ya udah hanya itu. Mungkin penempatan kamera selfie dan ukuran yang mungkin berbeda

Perbedaan lain buat hp sekarang mungkin hanya wallpaper, UI dan desain belakang. Bahkan penempatan tombol power dan volume sekarang nyaris sama memang.

Memang sekarang jadi bosan kalau membahas desain. Tapi kenapa sih desain ponsel pintar sama dan tidak kembali unik seperti dulu? Hmm tentunya ada sebabnya mungkin saja dari beberapa poin berikut.

Kenapa Desain Ponsel Tidak Kembali Unik?

Ada beberapa pertimbangan yang menjadikan pabrikan ponsel tidak terlalu mengubah desain yang ada pada smartphone mereka saat ini. 

- Rombakan desain yang berpengaruh dengan penjualan. 

Belajar dari pengalaman, jika dirasa konsumen sudah pas dengan desain kemungkinan kecil desain akan punya penyegaran yang signifikan. Karena memang bisa jadi rombak desain total akan berpengaruh dengan penjualannya.

- Desain menjadi ciri khas atau signature dari brand itu sendiri. 

Kita tahu beberapa brand ternama seperti Samsung dan Apple hmm punya desain yang itu-itu saja. Tapi memang bila kita sandingkan atau lihat sekilas pasti tahu oh HP Samsung, oh HPnya IP. Karena ada boba-nya wkwk.

Desain menjadi cirikhas dan ya mungkin hanya sedikit penyegaran desain seperti penempatan kamera, jumlah kamera, permainan warna dan sebagainya.

- Produksi yang murah dengan aksesoris yang melimpah.

Pernah dengar desain daur ulang? punya dimensi sama dimensi sama jeroan beda? Atau hanya ganti nama dan software doang? Memang ngebosenin, karena seperti HP mainstream karena kurang unik. Tapi juga mendatangkan manfaat untuk pabrikan.

Dengan desain dan dimensi sama bisa jadi biaya produksi mungkin juga lebih murah karena pakai part yang bisa digunakan untuk banyak tipe. Dan untuk penyedia aksesoris sendiri bisa menyediakan acc melimpah karena bisa dipakai juga ke banyak tipe.

Jadi tidak perlu takut kehabisan atau sudah tidak keluar lagi kalau buat beli ACC tambahan buat HP jaman sekarang

- Ekplorasi desain yang sudah terbatas.

Ya karena rasio layar dan body yang lebih tipis, alhasil hanya area belakang dan frame HP yang bisa di 'utek-utek'. Tidak jarang hanya warna berubah atau sedikit tambahan branding didekat kamera.

Bila melihat dari kelas entry level sekarang, desainnnya lebih meniru HP mahal sebelah. Efek boba -_-

Yaa setidaknya ada yang berbeda di Smartphone lipat untuk sekarang, baik versi tablet atau HP. Contoh di Motorola Razr Phone dan Samsung Fold. Tapi kok bau-baunya juga mau mirip semua kedepannya wkwk.

Okay sekian pembahasan kali ini tentang perkembangan desain ponsel di dunia. Kenapa desain cenderung sama semua atau tidak unik seperti dulu. Jadi rindu wkwk.

Terima kasih sudah membaca sampai tuntas, mohon maaf atas segala semua kesalahan. Mungkin ada pendapat lain, atau ada kesalahan tulisan atau punya HP dengan desain paling berkesan? monggo komen guys, kalau saya Xperia M dengan notif LED uniknya hehehe 😎.

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar