BLANTERWISDOM101

Apple Macbook Pro M3 pakai RAM 8GB, Cukupkah Buat Zaman Sekarang?

13 November 2023
0
Apple Macbook Pro M3 RAM 8GB

Oy guys, Laptop dan PC sekarang sepertinya sudah naik kasta. Kenapa tidak, dimana-mana kita para konsumen dimanjakan dengan pilihan mesin canggih yang sudah sangat cepat dan handal. Dan yaah guna mendukung dengan kerjaan digital yang sangat beraneka ragam sekarang.

Okay Apple dari WWDC 2023 kemarin memperkenalkan Chipset baru andalan mereka Apple M3 dengan fitur dan tentunya performa yang sangat mumpuni.

Apple tak lupa juga memperkenalkan penyegaran di lineup Pro di Macbook yakni Macbook Pro M3 dengan pernak pernik fitur nya.

Namun Apple memberikan model Macbook biasa dengan RAM bawaan 8GB dan 16GB. Dan sayangnya penggunanya tidak dapat meng-upgrade RAM bawaan ini. Yess, stuck diukuran segitu saja.

Padahal bicara soal harganya memang jauh juga sekitar 200 USD lebih mahal untuk 16GB dibandingkan RAM 8GB, weehhh

Bicara soal 'Pro' disini dan dengan range harganya, tentu kita mengharapkan Macbook ini dipakai guna menyokong pekerjaan profesional kita seperti coding, editing video dan rendering 3D. Ya karena procinya powerfulkan?

Tapi bisakah hanya dengan RAM 8GB mampu menjawab tantangan digital apalagi era sekarang?

Untuk menjawabnya seorang Youtuber Max Tech menguji dan membandingka performa Macbook M3 8GB melawan versi RAM 16GB-nya. Videonya tertera dibawah ini.

Walaupun Apple mengklaim RAM 8GB milik  mereka setara dengan 16GB di PC, yes di PC. Nampaknya hasilnya diluar nurul.

Kita ke pengujian non benchmark dulu, contoh saat menjalankan render project blender sayangnya Macbook 8GB harus pamit dengan pesan error ketersediaan sumber daya RAM yang kurang.

Terlihat dari penggunaan Swap untuk membantu kinerja karena RAM yang terbatas. Disisi lain Macbook M3 16GB sukses menjalankan render project Blender-nya.

Kemudian dari responsive dan kecepatan import foto, Macbook M3 8GB kesulitan menjaga kecepatan dan responsif. Rata-rata 2x lebih lambat dibanding Macbook M3 16GB padahal dengan dapur pacu yang sama.

Dari sini sudah terlihat RAM 8GB di Macbook M3 ini tidak dapat memberikan performa yang maksimal dari chipsetnya sendiri.

Dan pengujian tadi memberikan info sistem dengan RAM 8GB di era sekarang mungkin sudah tidak relevan atau tidak recommended, apalagi bila berencana dipakai untuk beberapa tahun kedepan nantinya.

Buat para profesional yang memang harus menggunakan sumber daya Apple, pilihan bijak untuk mengambil RAM 16GB sekalian buat Macbook Pro M3 ini mengingat RAM yang tidak dapat di-uprgrade.

Sumber dan referensi dari channel Max Tech

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar