BLANTERWISDOM101

Starlink, Teknologi Komunikasi Tanpa Batas Geografi Bahkan Bisa di Wilayah Konflik

31 Oktober 2023
0
Slogan Starlink

Oy guys. Setelah dunia selesai dengan cobaan pandemi di abad ini yang merenggut banyak nyawa. Cobaan serasa bergantian dengan adanya krisis ekonomi dunia yang belum pulih pasca pandemi dan konflik yang masih berlanjut hingga kini.

Konflik Ukraina dan Rusia yang sedang berperang serta yang menjadi PR dunia sejak lama belum selesai Palestina dan Israel.

Serangan fisik yang merenggut nyawa dimanapun adalah sebuah hal yang miris dan kejam yang tak terbantahkan. Apalagi dalam sekala besar dan korban yang gugur bukan pejuang melainkan warga sipil yang mendapat serangan.

Konflik yang belum reda masih di Palestina Gaza yang mendapat banyak sekali serangan di wilayah penduduk dari Israel. Berita terbarunya, para warga Palestina tidak bisa mendapat pasokan listrik dan Internet.

Dengan majunya komunikasi sekarang. Sudah sangat mungkin untuk berkomunikasi tanpa batas geografi. Salah satunya dari bapak X yang punya yang namanya Starlink.

Pada X em tweet terbarunya, sama seperti di Ukraina, Elon Musk memastikan koneksi internet Starlink bisa diakses kesemua Gaza walaupun koneksi internet tradisional menggunakan tower di matikan.

Bagaimana bisa Starlink masih dapat memberikan koneksi di Gaza?

Jaringan Raksasa Luar Bumi Starlink

Jaringan Luar Angkasa

Starlink menggunakan satelit untuk melakukan komunikasi baik mengirim dan menerima setiap byte data yang diperlukan.

Satelit ini di orbitkan di luar Bumi sedemikian rupa agar dapat membentuk jaringan raksasa luar angkasa menggunakan media satelit.

Cara kerjanya membutuhkan parabola khusus agar dapat menerima dan mengirim informasi yang dimana diarahkan langsung ke satelit.

Karena jaringan tidak memerlukan instalasi kabel di daratan dan posisi satelit yang bisa dikontrol sedemikian rupa, menjadikan Starlink dapat menjangkau semua permukaan bumi, termasuk area konflik sekalipun.

Dengan adanya teknologi seperti ini, koneksi internet sudah bisa tersambung dari pulau tak berpenghuni sampai daerah konflik.

Peperangan tidak menyelesaikan permasalahan, pembunuhan terang-terangan terjadi dimana-mana. Tidak terbatas para pejuang namun juga warga sipil dan mirisnya perempuan dan anak-anak, 

Justru musyawarah dan perjanjian yang bisa dilakukan seorang manusia berakal sehat untuk keluar dari semua perbedaan dan demi kebaikan bersama.

Melihat kondisi di Palestina saat ini bikin miris semua hati dan bertanya kenapa bisa terjadi?

Konflik Palestina dan Israel sendiri adalah konflik yang panjang, PR pemerintah dunia untuk fokus ke akar masalah yang ada dan mulai benar-benar menciptakan kedamaian dunia untuk setiap negara.

Semoga Allah memberikan perlindungan, keselamatan, kekuatan, sahid untuk saudara kita Palestina dan segera berakhir damai aamiin.

Baca lagi starlink disini

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar