BLANTERWISDOM101

HyperOS? Hal - Hal yang Perlu Diketahui Tentang OS Terbaru Xiaomi

24 Oktober 2023
0
Xiaomi HyperOS

Oy guys. Xiaomi beberapa waktu memperkenalan bukan HP melainkan skin baru Andorid mereka bernama HyperOS. OS ini akan menjadi pengganti MIUI yang sudah lama dikembangkan Xiaomi di deretan HP mereka.

Tapi apa sebenarnya HyperOS ini? Apakah Android atau OS khusus buatan Xiaomi nih? Terus HP lama gue dapet pembaruan gak bang?

Okay coba kia rangkumkan dan bahas tentang HyperOS nya Xiaomi berikut ini

1. HyperOS  berbasis OS Android

Bila HyperOS Xiaomi nanti sebuah OS baru? jawabannya enggak. HyperOS tentu berbasis Android dengan beberapa fitur tambahan dari XIaomi.

Tak usah khawatir aplikasi atau game favorit kalian bisa diinstall disini.

Seperti MIUI pada umumnya, HyperOS ini berbasis operating system Android. Jadi aman untuk segala kompablitas aplikasinya nant.

2. HyperOS berbeda dengan MIUI

Sebenarnya keduanya termasuk dalam skin Android atau UI khusus yang dikembangkan pabrikan. HperOS Xiaomi kembangkan dengan menyisipkan fitur dan tampilan baru dan fitur exklusive yakni kompabilitas dengan IoT-nya XIaomi.

Soal rasa dan aromanya nanti, para pengguna MIUI tak akan asing dengan HyperOS ini karena bisa dibilang versi terbarunya MIUI.

Namun  mungkin dengan adanya fitur IoT, Xiaomi memutskan memberikan nama berbeda yakni HyperOS. 

IoT itu apa bang? Semacam perangkat pintar dengan fitur dan fungsi yang bisa terhubung dengan hp kita dengan menggunakan internet. Seperti lampu pintar, pintu otomatis, mobil pintar dan lain sebangainya.

Perbedan lain kemungkinan dari sisi UI dan mungkin fitur tambahan atau modifiasi lebih oke kalau mengacu bobot dari namanya (UI vs OS)

3. Kompabilitas Aplikasi

HyperOS bukanlah OS baru melainkan OS yang berbasis Android. Dengan basis OS sama, kompabilitas aplikasi, games dan fungsi-fungsinya aman seperti Android pada umumnya.

Dan karena modifikasi dari Android, bisa jadi punya fitur lebih banyak dan optimasi lebih baik, mungkin.

4. Kapan HP lama dapat jatah update?

Xiaomi baru saja riis bebera waktu lalu, saat artikel dibuat, belum ada info resmideretan HP yang dapat jatah update HyperOS ini.Tentu HP seri terbaru akan HyperOS out-of-the-box.

Deretan HP Xiaomi kemungkinan akan mendapat pembaruan ini, tapi belum tahu siapa saja yang dapat dan apan rilisnya.

5 Ada penampakannya kayak gimana dan fitur lebih jelasnya?

Beberapa tampilan dari Xiaomi HyperOS berikut

Penampakan tampilan Xiaomi HyperOSPenampakan tampilan Xiaomi HyperOSPenampakan tampilan Xiaomi HyperOSPenampakan tampilan Xiaomi HyperOSPenampakan tampilan Xiaomi HyperOSPenampakan tampilan Xiaomi HyperOSPenampakan tampilan Xiaomi HyperOS

Karena HyperOS ini berfokus pada fungsi dan fitur, kita tunggu aja diperkenalkan bebarengan dengan Xiaomi 14 pada 28 Oktober mendatang. Stay tuned!

Referensi GSMArena

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar