BLANTERWISDOM101

Evo? Apa Sih itu Intel Evo itu dan Perbedaan dengan Intel Core

14 Agustus 2023
0
Apa itu Intel Evo?

Oy guys, Saat melihat-lihat laptop pernah gak sih melihat stiker Intel Evo di Intel Core? biasanya stiker ini ada di Laptop seri menengah ke atas dan bila dilihat spesifikasi ya prosesornya Intel Core series, tapi biasanya lebih premium di harga dibanding laptop menggunakan proci sama.

Apakah versi prosesor baru dari Intel Core? atau iGPU khusus?

Saat melihat pertama kali dalam pikiran pertama pasti seri Intel Core khusus nih, dari kecepatan dan hematnya lebih juara pasti. Tapi ternyata bukan cuma proci saja.

Intel Evo

Intel pada tahun 2020 memperkenalkan suatu program bernama Intel Evo, sebuah standarisasi khusus untuk Laptop yang akan menghadirkan pengalaman terbaik dan maksimal dalam membantu tugas sehari-hari.

Standar Intel Evo tidak sebatas prosesor, namun juga dari layar, suara, memori hingga berat laptop maksimal juga.

Sebagai contoh dikutip dari Tech Advisor,  standar Intel Evo gen 3 meliputi pemakaian Intel Core harus Intel Core gen 12 Alder Lake seri H.

Daya tahan pemakaian baterai minmal 9 jam sekali charge buat resolusi Full HD. Kemudian desain layar harus berbingkai tipis. dan berat harus dibawah 1,5 kg.

Hmm standar sangat premium untuk sebuah Laptop, tak heran laptop dengan platform Intel Evo biasanya lebih premium.

Perbedaan Intel Evo dan Intel Core

Intel Core dan Intel Evo tidak jauh beda atau bisa dikatakan ada keterkaitan satu sama lain. Singkatnya Intel Evo adalah suatu standar yang mengharuskan pabrikan menggunakan Intel Core seri khusus sesuai standar Evo.

Tidak semua Intel Core merupakan Intel Evo. Dan juga tidak semua Laptop Intel Core standar Evo misal seri H contoh diatas juga dikatakan Intel Evo.

Laptop dengan Intel Evo mengharuskan Laptop teruji dan sesuai dengan semua komponen standar Intel Evo, bukannya hanya processor saja.

Oke, Cocok Dipinang?

Laptop Intel Evo

Tipis, ringat, cepat slogannya tentu Laptop yang no compromise buat dipakai menghadapi tantangan cepat dan akurat.

Melihat juga dari standarnya yang tinggi. Intel Evo benar-benar didesain buat mereka yang menginginkan laptop kualitas lima, ringan, stylis, cepat melibas apapun dan awet sampai seharian baik ngantor atau situasi serius lainnya.

Laptop terjamin cepat, baterai awet dan konektifitas terlengkap dan tercepat juga. 

Harus pilih yang Intel Evo? tidak juga, tergantung kebutuhan. Banyak juga Laptop Intel non Evo punya performa kencang dan pendingin lebih baik, laptop gaming contohnya.

Dan mungkin ada juga laptop performa lebih kencang tetap tipis tapi memakai proci sebelah. Hmm...

Namun bila agan ditawarkan laptop yang sudah ada stiker Intel Evo-nya, bisa jadi laptop itu bagus rata semua bagian laptop.

Sekian pembahasan kali ini tentang Intel Evo dan perbedaannya dengan Intel Core. Summary, Intel Evo adalah standar laptop Intel terbaik dan maksimal dari sisi performa, ketangguhan dan keawetan baterai. Share artikel ini bila bermanfaat, matur nuwun telah membaca.

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar